Perintah internal, External dan registry di DOS


A.Perintah Dasar DOS(disk Operating system)

Hai Sobat Saya Akan Membagikan Informasi Tentang Perintah Dasar internal dan external DOS di windows, namun kali ini saya akan membagikannya beserta gambar agar kalian lebih mengerti dan mudah untuk di pahami, perintah dos ini terdapat di CMD atau (command Prompt) artikel ini murni
hasil kerja saya sendiri tanpa copas sedikitpun.
  •  MS-DOS

      Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) adalah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja pada arsitekstur 16-Bit. MS-DOS sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products kemudian perusahaan tersebut direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Ciri khas dari MS dos adalah perintah-perintah dalam bentuk teks ditulis secara langsung kemudian dieksekusi oleh komputer. Setiap mengeluarkan sistem operasi windows, microsoft menyertakan fasilitas untuk menuliskan baris perintah melalui command line menggunakan aplikasi command prompt.


  •  Command prompt


     Command Prompt (executable cmd.exe) adalah command-line interpreter yang disediakan Microsoft pada OS / 2, Windows CE dan sistem operasi Windows NT-based (termasuk Windows, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2003, Windows Server 2008, windows 8).Windows 7, Windows Server 2003, Windows Server 2008, windows 8). Comman prompt Ini mempunyai fungsi yang sama dengan COMMAND.COM dalam MS-DOS dan Windows 9x yang disebut dengan MS-DOS Prompt).
     Command Prompt merupakan aplikasi berbasis teks di Windows yang digunakan untuk menjalankan perintah-perintah yang diketik atau dimasukkan secara langsung. Beberapa fungsi penting di Windows hanya bisa diakses melalui command prompt. Command Prompt terkadang disebut sebagai DOS Prompt atau MS-DOS yang merupakan referensi terhadap sistem operasi generasi awal dari Microsoft. Walaupun Command Prompt adalah program Windows yang mampu menjalankan perintah yang ada di MS-DOS, tapi command prompt bukanlah MS-DOS.


  • Membuka aplikasi windows command prompt.


  1. Membuka CMD



Di atas Merupakan Cara Membuka CMD melalui Tombol Start-Kemudian Klik Accesoris Nah Di situ sudah ada icon CMD tinggal Klik aja CMD tersebut.

2.Tampilan CMD Tanpa Run Administrator

Gambar Diatas Merupakan Tampilan layar CMD tanpa menggunakan Run Administrator

3.Membuka CMD Lansung Menggunakan  Run Administrator

Gambar diatas menunjukkan membuat cmd agar langsung menggunaka run adminstrator atau dengan cara mengklik kanan icon Cmd nya kemudian klik run administrator.

4. Tampilan CMD menggunakan Run Administrator

Gambar diatas merupakan tampilan cmd menggunakan run administrator.


5.Membuka Cmd Dengan Search.

Gambar Di atas merupakan Cara membuka cmd Melalu search.
  •  Perintah Internal DOS

-Perintah Chdir/cd

Gambar Di atas merupakan Perintah Chdir/cd yang Digunakan untuk berpindah dari 1 directory ke directory lain.
-Perintah CLS

Gambar Di atas merupakan tampilan setelah di perintah menggunakan kata cls yang Digunakan untuk membersihkan layar.

-Perintah Date
Perintah Date Digunakan untuk melihat atau mengubah tanggal hari ini di komputer kita.

-Perintah Ver
Digunakan untuk melihat versi DOS yang digunakan.

-Perintah Time
Digunakan untuk melihat atau mengubah tanggal hari ini di komputer kita.
-Perintah Md/Mkdir



Digunakan untuk membuat directory. dan  hasilnya seperti di bawah ini.
-Perintah dir
di atas merupakan perintah dir yang digunakan untuk melihat isi sutau directory ke layar.

-Perintah Prompt
Digunakan untuk mengubah command prompt DOS.


-Perintah Copy con
Digunakan untuk membuat file.
-Perintah Copy
Digunakan untuk meng-copy isi file yang satu ke file yang lain.
-Perintah Redirection


Digunakan untuk mengeluarkan hasil ke suatu file.
-Perintah type
Digunakan untuk menampilkan isi file ke layar.


-Perintah del
Digunakan untuk menghapus file.


-Perintah rd/rmdir

B. Perintah Eksternal DOS
           File-file yang terdapat dalam DOS terbagi dalam dua kategori yaitu Internal command dan External command. Perintah – perintah eksternal DOS tidak dimasukkan kedalam COMMAND.COM ((intrepreter perintah dos). Untuk dapat menjalankan perintah ini membutuhkan sebuah berkas atau file yang dapat dieksekusi (berupa program Dos). File tersebut yang harus ditempatkan pada directory yang aktif dan menggunakan berekstensi file COM atau EXE.
Perintah –perintah eksternal command DOS yang biasa digunakan antara lain adalah : ATTRIB,CHKDSK, DELTREE, FORMAT, FDISK, DISKCOPY, EDIT, LABEL, MEM, MODE, MOVE, SYSTEM, XCOPY, SCANDISK. Uraian dibawah ini menjelaskan perintah-perintah eksternal DOS.

1.Perintah DiskCopy


Perintah ini digunakan untuk menduplikasi disket.
2.Perintah Label

Perintah label digunakan untuk memberikan nama pada suatu disk baik itu
harddisk atau disket.
3.Perintah Move

Perintah move digunakan untuk memindahkan file-file.
4.Perintah System

Perintah sys ini digunakan untuk membuat sebuah disket menjadi disket yang
“bootable” , yaitu disket yang dapat digunakan pada proses awal konfigurasi
komputer yang berbasiskan DOS.
5.Perintah Format

Perintah format digunakan untuk memformat agar disket dapat dipergunakan dalam operasi penyimpanan dan pengolahan data.
6.Perintah Deltree

Perintah deltree digunakan untuk menghapus direktori beserta file-file yang terdapat dalam direktori tersebut.
7.Perintah Xcopy

Perintah xcopy, kependekan dari “eXtended Copy” sama dengan perintah copy, kecuali program ini memberikan lebih banyak pilihan.
8.Perintah Mode

Perintah mode digunakan untuk mengatur dan memilih konfigurasi beberapa
hardware dan tampilan layar.
9. Perintah Edit
Edit biasa digunakan untuk membuat, melihat, mencetak ataupun menyunting isi dari file-file batch, CONFIG.SYS, ataupun file-file aplikasi yang berbasiskan ASCII, seperti file-file ReadMe yang datang pada hampir semua program yang anda beli.
10. Perintah Chkdsk

Perintah chkdsk (checkdisk) digunakan untuk melihat informasi dan kondisi mengenai suatu disket.
11. Perintah attrib system

12.Perintah Attrib

Perintah ini digunakan untuk menambahkan atau menghapus atribut suatu file atau beberapa file sekaligus


C. System Registry Berbasis Windows

Registry dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.INI yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit (Windows 3.x dan Windows for Workgroups).
Registry pertama kali diperkenalkan di dalam sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan atau asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT. Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME, tapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat di dalam keluarga sistem operasi Windows NT
Registry dalam sistem Windows 16-bit (dimulai pada Windows 3.x) berguna hanya untuk menyimpan asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, serta asosiasi objek OLE di dalam dokumen dengan aplikasinya
Dalam sistem operasi Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, struktur registry secara logis sama dengan struktur registry dalam Windows NT, tapi tidak kompatibel secara fisik.Dalam sistem operasi ini terdapat sebuah anak pohon tambahan, yakni HKEY_DYN_DATA yang dibuat secara dinamis dan digunakan untuk mengukur performa serta melakukan konfigurasi perangkat keras Plug and Play.
Registry dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003 terbagi secara logis ke dalam lima buah anak pohon (subtree), yang setiap pohon tersebut mengandung kumpulan kunci (key) dan anak kunci (subkey) yang disusun secara hierarkis. Susunan ini sama dengan susunan direktori dalam sistem berkas. Sementara itu, secara fisik, registry terdiri atas beberapa berkas yang disebut sebagai hive dan berkas catatan transaksi (transaction log) untuk setiap hive-hive tersebut yang disimpan di dalam direktori %systemroot%\system32\config.

-Daftar Anak Pohon (sub tree) Directory
Registry Windows terdiri atas beberapa anak pohon berikut, yang disusun secara hierarkis dengan My Computer sebagai root directory-nya. Daftar anak pohon dari registry diperlihatkan dalam gambar dibawah ini.



-Edit Registry Dan Backup Registry


1. Membuka Registry 
2.Tekan Yes Untuk Membuka Registry
3,Tampilan Registry
4.Mengubah Registry
5.Mengimport atau eksport file di registry


6.Backup registry
7.Proses Backup Registry



 itulah artikel saya kali ini semoga bermanfaat.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Unik Tentang Software Blender 3D Model

Mengapa orang menggunakan internet?